BeritaDaerahEmpat LawangPolitik

7 Parpol Raih Kursi di DPRD Empat Lawang Tahun 2024-2029

39
×

7 Parpol Raih Kursi di DPRD Empat Lawang Tahun 2024-2029

Sebarkan artikel ini

EMPAT LAWANG, RETORIKANEWS – Sumsel,Setelah mendengarkan hasil rapat pleno di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Empat Lawang, Sumatera Selatan, pada Kamis (29/2/2024), terungkap bahwa tujuh Partai Politik (Parpol) berhasil meraih kursi di DPRD Kabupaten Empat Lawang untuk masa bakti tahun 2024-2029.

Dari tujuh Parpol tersebut, perincian perolehan kursi adalah sebagai berikut:

– Partai Amanat Nasional (PAN) meraih 15 kursi,

– Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) mendapatkan 7 kursi,

– Partai Demokrat berhasil meraih 5 kursi,

– Partai Golongan Karya (Golkar) mendapatkan 3 kursi,

– Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) memperoleh 2 kursi,

– Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) masing-masing mendapatkan 2 kursi dan 1 kursi.

Dari enam daerah pemilihan (Dapil) yang mencakup 10 Kecamatan di Kabupaten Empat Lawang, hanya PAN dan PDIP yang berhasil mendapatkan kursi di setiap Dapil.

Berikut adalah perolehan partai politik di setiap Dapil:

1. Dapil 1 meliputi Kecamatan Tebing Tinggi dan Saling, dimana PAN mendominasi dengan 3 kursi, diikuti oleh PDI-P dengan 2 kursi, serta Partai Demokrat, Golkar, PKB, dan Gerindra masing-masing meraih 1 kursi.

2. Dapil 2, yang meliputi Kecamatan Muara Pinang, dimana PAN meraih 2 kursi, sementara PDI-P dan Partai Demokrat masing-masing mendapatkan 1 kursi.

3. Dapil 3, yang mencakup Kecamatan Lintang Kanan, PAN kembali mendapatkan 2 kursi, disusul oleh PDI-P dan PKS masing-masing dengan 1 kursi.

4. Dapil 4, yang meliputi Kecamatan Pendopo, suara PAN kembali mendominasi dengan 3 kursi, diikuti oleh Partai Demokrat, PDI-P, dan PKB masing-masing dengan 1 kursi.

5. Dapil 5, yang mencakup Kecamatan Pendopo Barat, Sikap Dalam, dan Talang Padang, PAN kembali mendapatkan 3 kursi, sementara Partai Demokrat, Golkar, dan PDI-P masing-masing mendapatkan 1 kursi.

6. Dapil 6, yang mencakup Kecamatan Ulu Musi dan Pasemah Air Keruh (Paiker), suara PAN juga menjadi pemenang dengan 2 kursi, diikuti oleh PDI-P, Partai Demokrat, Golkar, dan Gerindra masing-masing dengan 1 kursi.

Rapat pleno perhitungan suara di kantor KPUD Kabupaten Empat Lawang dibuka langsung oleh Penjabat Bupati Fauzan Khoiri Denin. Hadir dalam acara tersebut antara lain Ketua DPRD Persi, Kapolres AKBP Dodi Surya Putra, Pabung Kapten Mulyadi, Ketua Bawaslu, serta para saksi dari partai politik.

Rapat pleno penentuan hasil suara pemilu 2024 dipimpin langsung oleh ketua KPU Eskan Budiman. Dengan pengamanan ketat dari tim gabungan TNI-POLRI, rapat pleno berlangsung dengan tertib, aman, dan kondusif. (Kg)