BeritaDaerahPolriPrabumulih

Atasi Kemacetan di Jalintim Palembang-Jambi, Truk Dipaksa Berhenti atau Putar Balik

16
×

Atasi Kemacetan di Jalintim Palembang-Jambi, Truk Dipaksa Berhenti atau Putar Balik

Sebarkan artikel ini

PALEMBANG, RETORIKANEWS — Dua hari kemacetan panjang di Jalintim Palembang-Jambi wilayah Betung, pada arus mudik 5-6 April lalu, baru terurai setelah Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo, turun langsung.

Mengendarai sepeda motor dari Kota Palembang, Sabtu (6/4), Kapolda turut mengatur lalu lintas di simpul kemacetan wilayah Betung, Kabupaten Banyuasin.

Mobil pribadi yang nekat menerobos jalur kanan, dihadang Kapolda dengan sepeda motornya. Anak buahnya pun langsung meminggirkan mobil pribadi yang membandel tersebut.

Sementara untuk truk-truk angkutan barang non-sembako dan BBM yang masih melintas di suasana arus mudik,
hanya ada 2 pilihannya.

Putar balik arah, atau masuk kantong-kantong parkir. Kapolda pun mencegat di tengah jalan, mengarahkan truk-truk masuk ke areal SPN Polda Sumsel (SPN Betung).

Sementara personel di Polrestabes Palembang, Polres Banyuasin dan Musi Banyuasin, juga melakukan penyekatan di pangkal wilayahnya masing-masing.

Dari berbagai titik penyekatan yang dilakukan, ratusan truk diistirahatkan sementara. Baru horor 2 hari kemacetan sampai puluhan kilo meter (km) itu terurai.

Sukses mengurai kemacetan pada arus mudik lebaran 2024 itu, akan diulangi lagi Kapolda Sumsel pada arus balik 2024 nanti. Yang diprediksi pemerintah pada H+3 atau 14 April 2024.

“Untuk mengantisipasi kepadatan saat arus balik, kami akan menghentikan perjalanan seluruh kendaraan besar (truk), kecuali pengangkut bahan pokok dan BBM,” tegas Kapolda Sumsel Irjen Pol A Rachmad Wibowo SIK, Rabu dini hari (10/4).

Penyekatan truk akan dilakukan di Kecamatan Bayung Lencir (dari arah Jambi), dan di Terminal Alang-Alang Lebar (dari arah tol Keramasan).

“Agar dipahami oleh pengusaha angkutan dan supir truk, perjalanan saudara akan dilanjutkan ketika situasi jalan raya Palembang – Betung memungkinkan untuk dilalui kendaraan besar,” ucap Kapolda.

Untuk diketahui, pemudik lebaran 2024 kali ini merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah mudik lebaran.

Berdampak pada kemacetan di seluruh jalur mudik di Indonesia, termasuk di jalan lintas timur (Jalintim) wilayah Sumatera Selatan.

PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) menyebut pergerakan kendaraan pada puncak arus mudik lebaran 2024 pada H-3 atau Minggu, 7 April 2024, merupakan yang tertinggi sepanjang sejarah.

Corporate Secretary ASDP Shelvy Arifin mengatakan bahwa tren penumpang dan kendaraan yang mengakses moda ferry pada perhelatan angkutan lebaran 2024 mengalami kenaikan yang signifikan bila dibandingkan tahun 2023 lalu.

Dia menjelaskan, puncak arus mudik tertinggi untuk pergerakan kendaraan pada lintas Merak-Bakauheni terjadi pada atau H-3 sebanyak 42.145 unit kendaraan.

Jumlah tersebut melampaui jumlah kendaraan pada puncak arus mudik tahun lalu sebanyak 39.541 unit kendaraan yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni.

Shelvy menuturkan, tiga kategori kendaraan tertinggi pada puncak arus mudik tahun ini adalah kendaraan roda dua yang naik 14,7 persen, bus naik 10,6 persen, dan truk naik 157 persen.

“Catatan kami, produksi kendaraan pada puncak arus mudik tahun ini merupakan tertinggi sepanjang sejarah. Adapun komposisi pada puncak arus mudik H-3 kemarin didominasi kendaraan roda dua sebanyak 21.735 unit atau mencapai 52% dari seluruh kendaraan,” kata Shelvy dalam siaran pers, Selasa (9/4).

Sementara itu, untuk total kendaraan yang telah menyeberang tercatat 125.234 unit, naik 12 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 111.706 unit.

Adapun, total penumpang yang menyeberang dari Merak ke Bakauheni sebanyak 166.971 orang.

Jumlah ini meningkat dibandingkan puncak arus mudik pada Lebaran 2023 lalu sebanyak 159.413 orang.

Sementara lada H -2 Lebaran, ASDP melaporkan trafik penumpang dan kendaraan di Pelabuhan Merak masih ramai.

Shelvy menuturkan, antusiasme pemudik sangat tinggi di lintas merak – Bakauheni sejak H-7 lalu.

Shelvy menuturkan, total penumpang yang menyeberang dari Merak – Bakauheni mulai dari H-7 hingga H-3 tercatat 530.400 orang atau naik 4 persen dibandingkan realisasi periode sama tahun lalu sebanyak 510.163 orang.

“Kami sampaikan kepada seluruh masyarakat yang hendak menyeberang khususnya dari Merak menuju Bakauheni atau sebaliknya, lakukan reservasi tiket dari jauh-jauh hari. Karena tiket ferry juga memiliki kuota, apalagi saat peak season seperti Lebaran saat ini,” ujar Shelvy.

“Terkini, kembali kami infokan bahwa tiket ferry telah terjual hingga jadwal 9 April 2024. Tiket dapat dibeli untuk jadwal 10 April 2024,” tambahnya.