BeritaPrabumulih

Deklarasi Anti Narkoba dan Pencanangan Prabumulih Sebagai Kota Bersinar, Kepala BNN RI Sampaikan Hal Ini

13
×

Deklarasi Anti Narkoba dan Pencanangan Prabumulih Sebagai Kota Bersinar, Kepala BNN RI Sampaikan Hal Ini

Sebarkan artikel ini

PRABUMULIH, RETORIKANEWS — Kepala Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI), Komjen Pol Dr. Marthinus Hukom SIk MH, bersama jajaran melakukan kunjungan kerja ke Prabumulih pada Kamis (10/10/2024).

Kunjungan ini bertujuan untuk melaksanakan Deklarasi Anti Narkoba dan pencanangan Prabumulih sebagai Kota Bersinar, sebuah inisiatif yang diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba.

Dalam kesempatan itu, Kepala BNN RI mengajak masyarakat salam sehat tanpa narkoba.

“Ini konsensus seluruh masyarakat Indonesia, lewat salam sehat tanpa narkoba. Bagian komitmen kita, terus mencegah dan mengantisipasi serta memerangi narkoba,” pesannya di Pendopoan Rumah Dinas Walikota.

Ia berterima kasih atas kerja keras, Pj Walikota Prabumulih dan Forkominda berkolaborasi dan komitmen dalam rangka isu-isu narkoba khususnya di Bumi Seinggok Sepemuyian. “Bentuk pendekatan kolaborasi, tematik, itemik dan lainnya. Saya temukan di Prabumulih, saya salut lewat budaya di sini. Salah satu bentuk tematik dan itemik, mengangkat nilai-nilai di dalam masyarakat. Ini sangat luar biasa, kita berikan aplause,” ucapnya.

Berbicara narkoba, kata dia, berbicara segala hal. Ungkapnya, hal ini melibatkan segala aspek, menjadi isu besar harus dilihat khususnya berhubungan terkait narkoba. “Ini saya harapkan, kegiatan di Prabumulih menjadi rol model di seluruh BNN di Prabumulih. Bisa diaplikasi ke depannya, dalam pencegahan dan antisipasi serta pemberantasan narkoba,” ucapnya.

Ia tidak memungkiri, kalau Indonesi sedang terkena badai narkoba. Sebutnya, 290 juta, anak tercekram narkoba. “3,3 juta warga Indonesia terjerat narkoba. 312 ribu, anak-anak kita terpapar narkoba,” wantinya.

Sekda Propinsi Sumsel, Drs H Edward Candra MH menjelaskan, melalui kegiatan ini umumnya Sumsel bisa terbebas dari penyalahgunaan dan peredaran narkoba. Termasuk, Prabumulih.

“Narkoba ini merusak, dalam penanganan narkoba tidak bisa dilakukan sendiri harus bekerja sama. Kita berikan apresiasi BNN Propinsi Sumsel hingga BNN Kabupaten/Kota dalam rangka mewujudkan Sumsel Bebas Narkoba,” pesannya menyampaikan pesan Pj Gubernur Sumsel, Elen Setiap SH MSE.

Kata dia, setiap elemen masyarakat harus berperan aktif dalam memerangi narkoba. Termasuk, melakukan antisipasi dan pencegahannya. “Ini bentuk komitmen dalam rangka memerangi narkoba, Pemprop Sumsel mendukung penuh mewujudkan Sumsel Bebas Narkoba,” kata dia.

Pesannya, harus bergerak dan berjuang bersama dalam memerangi narkoba di Sumsel. Prabumulih, sebagai salah satu Kota Bersinar hendaknya bisa punya peran penting dalam pencegahan dan mengantisipasi penyalahgunaan dan peredaran serta pemberantasan narkoba.

“Kegiatan seperti ini, hendaknya bisa dicontoh dan ditiru kabupaten/kota lain. Sebagai komitmennya, mewujudkan kabupaten/kota masing-masing bebas dari narkoba,” sebutnya.

Pj Walikota Prabumulih, H Elman ST MM mengatakan, warga Prabumulih patut berbangga karena Kepala BNN RI dan jajaran bisa hadir di Prabumulih.

“Sejarah bagi Prabumulih, bertabur bintang. Semoga Prabumulih terhindar dari penyalahgunaan dan peredaran hingga pemberantasan narkoba, karena bahayanya merusak,” sampainya.

Guna memerangi penyalahgunaan dan peredaran hingga pemberantasan narkoba, kata Elman, cukup intens berkordinasi bersama BNN Prabumulih sebagai sentra penegakan hukumnya.

“Kita senantiasa mendukung kegiatan BNN Prabumulih dalam antisipasi dan pencegahan penyalahgunaan dan peredaran hingga pemberantasan narkoba. Memberikan hibah tes kit buat tes urine, pencanangan desa bersinar, tes urine di lingkungan Pemkot Prabumulih, dan lainnya,” aku suami Hj Windriana ini.

Sebagai Pj Wako Prabumulih, akunya berkomitmen ikut terlibat dalam pencegahan dan antisipasi penyalahgunaan dan peredaran hingga pemberantasan narkoba. “Guna menciptakan masyarakat Prabumulih sehat, tanpa narkoba,” beber ayah tiga anak ini.

Hadir Ka BNN Propinsi Sumsel BGP Tri Julianto Djatiutomo SIk MM, Ka BNN Prabumulih AKBP Pauzia SP MSi, Kajari Prabumulih Khristiya Lutfiasandi SH MH, Kapolres Prabumulih AKBP Endro Aribowo SIk MAP, Kapolres PALI AKBP Khairu Nasrudin SIk MM, Dandim Muara Enim, Pabung, Dansubdenpom, serta tamu dan undangan lainnya.