BeritaBirokrasiDaerahPrabumulihReligi

Gelar Tarhib Ramadhan, Ormas Islam Prabumulih Ajak Tingkatkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan

9
×

Gelar Tarhib Ramadhan, Ormas Islam Prabumulih Ajak Tingkatkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan

Sebarkan artikel ini

PRABUMULIH, RETORIKANEWS — Dalam rangka menyambut bulan suci Ramadhan yang akan datang dalam hitungan hari, gabungan ormas Islam di Kota Prabumulih diantaranya IKADI, DMI, BKPRMI, UPZ Islahul Ummah, PD Salimah, PKMT Timur, Muslimat NU dan Masjid Nur Afarah, menyelenggarakan kegiatan Tarhib Ramadhan dengan mengangkat tema “Jadikan Bulan Ramadhan Sebagai Bulan Peningkatan Ibadah, Taqwa, dan Ukhuwah” pada ahad 29 Sya’ban 1445 H / Minggu 10 Maret 2024.

Kegiatan tarhib tersebut dilaksanakan di Masjid Agung Nur Afarah Jalan Jend. Sudirman Kota Prabumulih dengan menghadirkan penceramah dari Kota Palembang, Prof. DR. dr. H. Yuwono M.Biomed

Hadir dalam kegiatan tersebut Forkompinda Kota Prabumulih, pimpinan ormas islam dan diikuti oleh Ormas Islam, ta’mir masjid dan majelis ta’lim se-Kota Prabumulih.

Acara dibuka dengan lantunan ayat suci Al-Qur’an, yakni Surat Al-Baqarah ayat 183-185 yang berisi perintah kepada segenap umat Islam untuk mengerjakan puasa pada Bulan Ramadhan, yang dibacakan oleh Qori Ust Rahmat Hidayat.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Ketua Panitia bersama Tarhib Ramadhan 1445 H oleh ust. Muslimin Jamir, S.IP. MM, lalu sambutan Pemerintah Kota Prabumulih yang disampaikan oleh Pj Walikota Prabumulih H Elman ST MM diwakili oleh Kabag Kesra Setda Kota Prabumulih, Oktabri Khairullah.

Dalam sambutannya, Kabag Kesra mengatakan, bahwa dengan adanya kegiatan hari ini, menjadi kesempatan yang baik bagi kita bersama untuk mengingatkan akan pentingnya Bulan Suci Ramadhan.

“Ini menjadi momen bagi kita untuk lebih instropeksi diri serta meningkatkan kualitas ibadah kita,” ujarnya.

Lalu dalam tausiyah agama oleh ust Prof. DR. dr. H. Yuwono M.Biomed mengajak agar kita bergembira menyambut hadirnya bulan mulia, serta menjadikan bulan Ramadhan sebagai bulan peningkatan ibadah, taqwa, dan ukhuwah.

Ketua IKADI, Mohamad Mufid, M.Pd.I menyampaikan kegiatan ini sangat penting sebagai salah satu syiar Islam.

“Kalau bukan kita yang mengabarkan mulianya Ramadhan, siapa lagi? Kita harus bangga, semangat dan gembira menyambut Ramadhan. Dengan rasa gembira inilah akan menumbuhkan motivasi ibadah,” terangnya.

Sementara itu, Ketua DMI Prabumulih, H. Ismet Hasan menyampaikan, bahwa Ramadhan kali ini harus mampu menjadi media untuk merekatkan ukhuwwah Islamiyyah pasca Pemilu 2024 kemarin.

“Pemilu sudah usai. Saatnya kita kembali memakmurkan masjid, fokus ibadah Ramadhan. Mudah-mudahan dengan hadirnya bulan suci Ramadhan, akan membawa keberkahan untuk Kota Prabumulih khususnya, dan negara tercinta umumnya,” pungkasnya. (Kg)