Pendidikan

Kembangkan Talenta Siswa, Yayasan Islam Al Azhar Palembang Gelar ALPA Fast Selama 3 Hari

8
×

Kembangkan Talenta Siswa, Yayasan Islam Al Azhar Palembang Gelar ALPA Fast Selama 3 Hari

Sebarkan artikel ini

Palembang – Penjabat Gubernur Sumsel Dr Drs H A Fathoni, M.Si yang diwakili oleh Biro Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah (Setda) dalam hal ini Kepala Bagian (Kabag) DIKBUD PORA Biro Kesra Setda Provinsi Sumsel H Ady Hernawan, S.E., M.Si menghadiri serta membuka langsung dengan pemotongan pita acara pembukaan ALPA Fast (Al Azhar Palembang Festival Art ans Sport Talent) yang diselenggarakan oleh Yayasan Pesantren Islam Al Azhar Palembang, Kamis (18/1/2024).

Tema yang diambil dalam kegiatan ini yakni Kemilau talenta generasi Islam Palembang Darussalam.

Turut hadir di dalam kegiatan tersebut Ketua Yayasan Pesantren Islam Al Azhar Cabang Palembang Ustadz H Abdullah Assyad Basyaiban, Lc., S.E., Al Hafidz, Sekretaris Yayasan Pesantren Islam Al Azhar cabang. Palembang Muhammad Iqbal, S.Sos, Anggota pengurus Yayasan Pesantren Islam Al Azhar cabang Palembang Drs Iskandar Mirza, M.Si, Kepala Sekolah TK Al Azhar 41 Palembang Fuji Ilmi Fathiyah, Kepala Sekolah SD Islam Az Azhar 45 Palembang Hayatudin, M.Pd.i, Kepala Sekolah SMP 33 Al Azhar Palembang Burhanudin, S.Pd, dan undangan lainnya.

Kabag DIKBUD PORA Biro Kesra Setda Provinsi Sumsel H Ady Hernawan, S.E., M.Si mengatakan, Pemprov Sumsel sangat mendukung sekali kegiatan ini. Karena ini membuka semangat anak-anak sekolah ini yakni Pesantren Al Azhar Palembang.

“Sehingga membangkitkan jiwa sportivitas dan antusias mereka dalam menuntut agama di Pesantren Al Azhar Palembang ini,” ujarnya.

Kemudian, melalui perlombaan ini akan menyalurkan bakat dan prestasi-prestasi dari murid di sekolah baik swasta maupun negeri Se Sumsel dan sekitarnya. Ini juga menjadi momen strategis untuk membangun semangat para siswa dan siswi.Selain itu, dapat meningkatkan prestasi masyarakat terhadap seni serta budaya Sumsel, dan di mana peran dari pesantren ini sendiri adalah dari dunia pendidikan.

“Pesantren Al Azhar Palembang ini menunjang dari segi keagamaan dan kehidupan akhlakul karimah umat, ini himbauan kita kepada Pesantren Al Azhar Palembang supaya insya Allah lebih meningkat lagi,” ucapnya.

MAnggota Pengurus Yayasan Pesantren Islam Al Azhar cabang Palembang Drs Iskandar Mirza, M.Si mengatakan, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada bapak/ibu semua yang sempat hadir dalam kegiatan ini.

Selain itu juga kami juga mengucapkan juga terima kasih kepada seluruh panitia ALPA Fast yang telah berupaya menyiapkan kegiatan yang akan dilaksanakan selama tiga hari. “Bukan hanya itu juga kepada seluruh sponsor yang ikut membantu kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan lancar,” katanya.

Dilanjutkannya, bahwa pelaksanaan ALPA Fast ini memang sebenarnya rangka setiap tahunan, tapi lebih dari itu bukan hanya sekedar acara, tapi lebih ke mengumpulkan talenta, dan mengembangkan talenta baik yang ada di Taman Kanak (TK), Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Jadi talenta itu kita kumpulkan, sehingga nanti talenta-talenta terbaik itu bisa kami bina kembali, sehingga ke depan talenta yang sudah ada ini bisa makin baik lagi.

“Melalui ALPA Fast ini, baik sportnya, baik Art nya, yang jelas talenta-talenta itu kita kumpulkan di Pesantren Al Azhar, dan pesertanya sendiri bukan khusus Pesantren Al Azhar Palembang saja,” ucapnya.

Akan tetapi, sambung dia, seluruh sekolah TK, SD, SMP yang ada di Sumsel, di mana menurut informasi sementara ada 670-an atau hampir 700 untuk pesertanya. Kategorinya sendiri luruhnya berbeda, ada lomba yang tingkat TK, SD, SMP, dan berbarengan dengan acara ini di mulai itu ada lomba-lomba yang sudah dimulai.

Seperti futsal kita sudah di mulai, badminton kita sudah di mulai, mewarnai itu sudah kita mulai, kemudian Toodler sudah kita mulai, dan insya Allah pelaksanaannya sendiri dilaksanakan selama 3 hari.

“Kegiatan ini sendiri dimulai dari hari ini sampai tanggal 20 Januari 2024, tentu masing-masing cabang lomba itu ada dewan juri. Jadi memang kita memberikan kebebasan kepada dewan juri tersebut untuk menentukan peserta dengan talenta terbaik, misalnya tadi mewarnai itu sudah di mulai,” tandasnya.