BeritaJakartaMuar EnimPTBA

PTBA Raih Indonesia Green Awards 2024

20
×

PTBA Raih Indonesia Green Awards 2024

Sebarkan artikel ini

JAKARTA, SS.CO.ID — PT Bukit Asam Tbk (PTBA) mendapatkan predikat The Promising dalam ajang Indonesia Green Awards (IGA) 2024 karena berhasil meraih 2 penghargaan, yaitu kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Terbarukan dan Mengembangkan Keanekaragaman Hayati.

Penghargaan diserahkan oleh La Tofi selaku Chairman La Tofi School of Social Responsibility kepada General Manager PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Unit Pertambangan Tanjung Enim, Venpri Sagara, di Jakarta pada Rabu (17/1/2024).

“Kami merasa bersyukur dan berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Apresiasi ini menjadi pemacu bagi kami untuk terus membuat terobosan dalam upaya menjaga kelestarian lingkungan. Selaras dengan visi PTBA untuk menjadi perusahaan energi kelas dunia yang peduli lingkungan,” kata Venpri.

Penghargaan kategori Rekayasa Teknologi Dalam Menghemat Energi/Penggunaan Energi Terbarukan diberikan karena program Peningkatan Produktivitas Lahan melalui Irigasi Berbasis Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang dijalankan PTBA.

PTBA telah membangun enam PLTS irigasi dengan total kapasitas 192 Kilowatt peak (kWp), yang tersebar di Muara Enim, Lahat, Lampung, dan Sumatera Barat. Berkat PLTS yang menghidupkan pompa irigasi, hasil panen petani meningkat 2-3 kali lipat. Program ini merupakan wujud komitmen PTBA dalam mendorong pemanfaatan energi terbarukan, memberdayakan masyarakat, sekaligus melestarikan lingkungan.

Sedangkan penghargaan kategori Mengembangkan Keanekaragaman Hayati diberikan berkat program Upaya Pelestarian Tanaman Endemik Merbau (Intsia Palembanica) Berbasis Pemberdayaan Masyarakat.

Melalui program tersebut, PTBA bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk mengelola bibit Intsia Palembanica. Hasilnya diserap Perusahaan untuk penanaman di lahan reklamasi. Hingga saat ini, PTBA telah melakukan pelestarian dengan menanam 56.278 batang Intsia Palembanica.

“PTBA senantiasa menjalankan prinsip keberlanjutan dalam aktivitas bisnis perusahaan. Sebagai anggota Grup MIND ID, kami memiliki Tujuan Mulia (Noble Purpose) yaitu pertambangan untuk kemakmuran bersama, kemajuan peradaban, dan masa depan yang lebih baik,” tutup Venpri.

Sebagai informasi, Indonesia Green Awards (IGA) merupakan penghargaan yang diberikan oleh The La Tofi School of CSR kepada perusahaan yang memiliki kepedulian tinggi terhadap lingkungan melalui berbagai ragam kreativitas. Diinisiasi sejak 2009, IGA diselenggarakan untuk mendorong perusahaan-perusahaan nasional menjaga lingkungan dan melakukan pemberdayaan masyarakat dari Sabang sampai Merauke. (KG/RIL)