Sumsel

Pusri Agro Edupark Jadi Tempat Healing Baru di Kota Palembang

14
×

Pusri Agro Edupark Jadi Tempat Healing Baru di Kota Palembang

Sebarkan artikel ini

Palembang – Guna meningkatkan potensi destinasi wisata di Kota Palembang, PT Pusri Palembang yang merupakan anak perusahaan PT Pupuk Indonesia (Persero) memanfaatkan salah satu asset perusahaan dengan membangun Pusri Agro Edupark.

Terletak di tengah Kota Palembang, tepatnya di area Taman Kenten, Pusri Agro Edupark dibangun di lahan seluas 2,2 hektar. Tempat ini memadukan keunikan wisata alam dengan pengalaman edukasi bagi pengunjung.

“Nantinya pengunjung dapat melihat langsung proses budidaya dari pengolahan lahan hingga panen yang menggunakan produk-produk unggul Pusri. Selain itu, pengolaan kebun sudah menerapkan teknologi 4.0 menggunakan system smart farming. Pengairan, pemupukan dan pengelolaan lingkungan budidaya dapat dilakukan secara otomatis melalui smart phone yang terintegrasi”, ungkap VP Riset Pusri, Pujiati.

Soft Launching Pusri Agro Edupark dilaksanakan dalam rangkaian kegiatan HUT Pusri ke-64, yaitu pada 18 Desember 2023 dan dihadiri langsung oleh Direktur Utama PT Pupuk Indonesia (Persero), Rahmad Pribadi dan Direktur Utama Pusri, Daconi Khotob beserta jajaran manajemen Pusri dan tamu undangan terkait.

Lahan Pusri Agro EduPark memiliki kebun pertanaman yang dikelola oleh Departemen Riset Pusri dengan mempertimbangkan kebutuhan dan keindahan. Lebih dari 30 jenis tanaman ditanam disana seperti, labu madu, labu air, kabocha, kopi, kelengkeng, durian, lada, papaya, buah naga, jagung, kacang tanah, cabai, timun, dan masih banyak lagi jenis tanaman lainnya.

Pusri Agro Edupark juga dilengkapi fasilitas penunjang, yaitu gazebo untuk tempat berkumpul pengunjung, area pembibitan, green house dan visitor corner yang menampilkan produk – produk unggulan Pusri.
Dengan berbagai fasilitas dan program edukasi yang menarik, Pusri Agro Edupark berpotensi menjadi pusat pengetahuan dan menjadi tempat healing baru bagi semua kalangan di Kota Palembang.

Lokasi yang strategis dengan area yang luas memungkinkan wisatawan untuk dapat dengan mudah menikmati berbagai kegiatan yang ditawarkan di Pusri Agro Edupark. Serta didukung dengan jalan yang mudah dijangkau, parkiran yang memadai menjadikan Pusri Agro Edupark menjadi destinasi yang ramah pengunjung dan sangat cocok dijadikan tempat liburan keluarga di akhir pekan.

Pusri Agro Edupark merupakan salah satu upaya optimalisasi aset milik Pusri, serta penghijauan lingkungan berbasis teknologi 4.0. Keberhasilan Pusri dalam pengelolaan lingkungan juga dibuktikan dengan diraihnya PROPER Emas dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) pada Bulan Desember lalu.