BeritaDaerahMuar Enim

Ini Peran PT MPC Dalam Pembangunan Puskesmas EPD

15
×

Ini Peran PT MPC Dalam Pembangunan Puskesmas EPD

Sebarkan artikel ini

MUARA ENIM, RETORIKANEWS — Sejarah panjang cikal bakal berdirinya Pusat Pelayanan Masyarakat (Puskesmas) diwilayah Empat Petulai Dangku (EPD), tak terlepas dari kontribusi masyarakat.

Hal paling penting untuk diingat, jauh sebelum pemekaran Kecamatan EPD dari Kecamatan Rambang Niru, Kabupaten Muara Enim. PT Musi Prima Coal (MPC) telah hadir lebih dulu dan ikut andil dalam serangkaian proses pendirian gedung Puskesmas yang baru saja diresmikan Pj Bupati Muara Enim, Ahmad Rizali.

Peresmian Puskesmas, Senin 4 Maret 2024 oleh Pj Bupati yang di hadiri Kepala Dinas Kesehatan, perwakilan anggota DPRD dan unsur Forkompinda itu, telah resmi menerima pelayanan masyarakat.

Dengan ditandai bunyi sirine ambulan Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Ahmad Rizali menyerahkan satu unit mobil ambulan dan motor.

Berdiri diatas tanah 7000 meter persegi, peletakan batu pertama pembangunan Puskesmas EPD pada 19 Agustus 2021, disaksikan langsung PJ Bupati H Nasrun Umar kala itu.

Sebelumnya PT MPC memberikan hibah tanah untuk pembangunan Puskesmas sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap perkembangan wilayah Kecamatan Empat Petulai Dangku.

Tak hanya itu, PT MPC juga menghibahkan tanah untuk pembangunan Polsek Empat Petulai Dangku dan juga dibidang pendidikan, MPC juga menghibahkan tanah untuk pendirian Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Sejak peletakan batu pertama tahun 2021 kita (Perusahaan) telah ikut terlibat, ini adalah bentuk kontribusi PT MPC mendukung pemekaran kecamatan EPD,” ucap Bambang Kepala Teknik Tambang (KTT) kepada wartawan.

Lanjut Bambang, Puskesmas EPD ini bisa melayani masyarakat tanpa harus berobat keluar daerah. Sehingga penanganan kesehatan tidak ada lagi kendala.

“Kontribusi PT. MPC mendukung pemekaran kecamatan salah satunya, telah menghibahkan beberapa tanah untuk pembangunan Sekolah, Polsek hingga Pusat kesehatan” bebernya.

Ditempat yang sama, PJ Bupati Muara Enim Ahmad Rizali berharap, warga sekitar tak mengganggu fasilitas Puskesmas EPD dan meminta masyarakat untuk sama-sama menjaganya.

Disisi lain, Anggota DPRD Kabupaten Muara Enim, Yupi, SE yang turut hadir dalam peresmian mengaku mengapresiasi Pemerintah Kabupaten dan pihak-pihak yang ikut terlibat dalam pembangunan pusat kesehatan masyarakat.

Pria yang kini kembali terpilih sebagai anggota DPRD periode 2024-2029 itu, berharap Puskesmas EPD mempermuda masyarakat menjangkau fasilitas kesehatan. (Kg)