BeritaPolriPrabumulih

Polres Prabumulih Lakukan Patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla

18
×

Polres Prabumulih Lakukan Patroli dan Sosialisasi Pencegahan Karhutla

Sebarkan artikel ini

PRABUMULIH, RETORIKANEWS – Dalam upaya mencegah terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang dapat menimbulkan kabut asap serta membahayakan kesehatan masyarakat, Polres Prabumulih melalui Bhabinkamtibmas Kelurahan Sidogede, AIPDA Sonny Afriyanto, S.H., melaksanakan giat patroli dan sambang pada hari Jumat (09/08/2024).

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya preventif yang diinstruksikan langsung oleh Kapolsek Prabumulih Barat, AKP Yani Iskandar, S.H.

“Upaya pencegahan harus semaksimal mungkin dilakukan dengan beragam cara, baik itu melalui lisan, spanduk, maklumat, dan lain-lain. Untuk itu kami hadir di tengah masyarakat secara humanis untuk terus mensosialisasikan larangan Karhutla demi meminimalisir munculnya kabut asap akibat Karhutla,” ujar Bhabinkamtibmas AIPDA Sonny Afriyanto.

Dalam kegiatan ini, Bhabinkamtibmas AIPDA Sonny Afriyanto menyampaikan imbauan kepada warga agar tidak membakar hutan dan lahan sembarangan, terutama bagi mereka yang hendak membuka lahan baru atau membersihkan hasil panen.

“Kebakaran hutan dan lahan akan berdampak buruk terhadap lingkungan, mengganggu aktivitas masyarakat, dan membahayakan kesehatan,” tegas AIPDA Sonny.

Lebih lanjut, Bhabinkamtibmas mengingatkan masyarakat bahwa jika terjadi kebakaran lahan, mereka diharapkan segera melaporkannya kepada pihak Bhabinkamtibmas atau perangkat desa setempat.

“Kami berharap warga paham dengan imbauan yang kami sampaikan, dan apabila melihat adanya kebakaran lahan agar segera menghubungi Bhabinkamtibmas dan perangkat desa,” tambahnya.

Kegiatan ini mendapat apresiasi dari masyarakat yang berharap agar langkah-langkah pencegahan Karhutla terus dilakukan untuk menjaga kesehatan dan kelestarian lingkungan di wilayah hukum Polres Prabumulih.