BeritaEdukasiOKU

Wujud Kepedulian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Universitas Maha Karya Baturaja Gelar Bakti Sosial

17
×

Wujud Kepedulian Kepada Masyarakat, Mahasiswa Universitas Maha Karya Baturaja Gelar Bakti Sosial

Sebarkan artikel ini

OKU, RETORIKANEWS – Bakti sosial adalah kegiatan yang dilakukan untuk mempererat hubungan dengan orang lain melalui bantuan, pengetahuan, intuisi, dan motivasi sebagai rasa kepedulian atau kemanusiaan terhadap orang lain.

Tujuan dari bantuan sosial adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar sesama dan memotivasi masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam meningkatkan kesadaran tentang prospek kehidupan.

Hal ini menjadi perhatian bagi masyarakat sosial, terutama bagi mereka yang membutuhkan atau berhak atas hal tersebut. Berbagi kasih untuk sesama untuk peduli, mengerti dan merasakan bahwa mereka tidak hidup sendiri, meskipun hidup mereka tidak memiliki keluarga, namun mereka memiliki saudara, teman yang dapat membelai dan merawat mereka.

Kegiatan bakti sosial dilakukan bersamaan dengan kegiatan PW Mengajar yang dilaksanakan pada tanggal 29 February 2024 dan bertempat di Baturaja Oku Induk Provinsi Sumatera Selatan yang berkaitan dengan ilmu ke-geografian-an dan ilmu lingkungan untuk menambah wawasan masyarakat.

Kegiatan ini ditujukan untuk menjadi salah satu sarana pendidikan yang bersifat informal bagi anak-anak marginal yang berada di bawah naungan komunitas sosial.

Anak-anak marginal yang dimaksud adalah mereka yang sudah bekerja di usia yang tidak seharusnya serta belum berkesempatan mendapatkan pendidikan formal yang layak karena keterbatasan yang dimilikinya.

Dalam pelaksanaannya, diawali dengan sambutan oleh Ketua Pelaksana Bakti Sosial dan perwakilan pengurus panti asuhan yaitu. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dalam bentuk presentasi dan interaktif serta praktik pengelolaan sumber daya sederhana berupa pembuatan kerajinan dari bahan daur ulang yang bernilai jual.

“Alhamdulillah masyarakat sangat antusias dengan rangkaian acara Bakti Sosial ini. Bakti sosial ini juga merupakan kegiatan yang diadakan oleh mahasiswa universitas maha karya Baturaja dalam rangka mendukung terciptanya situasi yang kondusif di wilayah OKU,” ujar Ketua Pelaksana.

Mahasiswa universitas maha karya Baturaja lakukan kegiatan Bakti sosial bertujuan untuk meningkatkan jiwa sosial kemanusiaan antar sesama dan menjalin keakraban dengan masyarakat Kegiatan bakti sosial, (Kg/Ril)